5 Cara Membersihkan Mesin Basuh Di Rumah Dengn Mudah

Di masa yang moderen ini insan pada umumnya sudah dimudahkan dengan banyak sekali alat otomatis yang sanggup meringankan semua kegiatan atau acara pekerjaannya, menyerupai yang akan draplan bahas di artikel ini. Mesin basuh merupakan alat otomatis untuk mencuci pakaian biar orang tidak terlalu cape untuk mencuci pakaiannya.

Namun pastinya anda pernah mengalami dan terganggu dengan kedaluwarsa mesin basuh yang tidak sedap?. Namun Perlu di ingatJika tidak rutin membersihkan mesin cuci, duduk masalah menyerupai itu sering kali dialami.

Untuk menciptakan mesin basuh yang dipakai tetap infinit dan tahan lama, maka dibutuhkan suatu perhatian khusus. Agar kualitas mesin basuh tersebut tetap terjaga.

 Di masa yang moderen ini insan pada umumnya sudah dimudahkan dengan banyak sekali alat otomat 5 Cara Membersihkan Mesin Cuci di Rumah dengn Mudah

Nah kalo begitu eksklusif saja anda simak 5 cara gampang membersihkan mesin basuh di rumah dari draplan :

1. Bersihkan sisa-sisa detergen sehabis selesai mencuci pakaian
Pada mesin basuh yang telah kosong sehabis digunakan, maka langkah yang harus dilakukan yaitu membersihkan pecahan tabung tersebut. Proses ini akan membersihkan sisa-sisa detergen atau noda berwarna akhir pelunturan pakaian sehabis melaksanakan proses mencuci pakaian.

Sebab jikalau dibiarkan dalam jangka waktu yang cukup lama, maka akan menimbulkan timbulnya kerak dan karat pada bagian-bagian tertentu dari mesin cuci. Nah, sebaiknya menjalankan acara pembersihan memakai air panas pada mesin basuh yang telah kosong selama 5-10 menit. Kemudian buang air bilasan di dalam mesin cuci.

2. Bersihkan tabung pecahan dalam dengan pemutih klorin
Mengingat tugas mesin basuh yang sangat besar dalam urusan rumah tangga, maka perlu mengetahui cara yang tepat merawat mesin basuh di rumah. Jika pecahan dalam mesin basuh bernoda, pemutih klorin sanggup menghilangkannya.

Caranya yakni, tambahkan cairan tersebut ke dalam dispenser mesin cuci. Lalu nyalakan siklus pembersihan selama beberapa detik. Berikutnya matikan kembali dan biarkan adonan klorin selama kurang lebih satu jam untuk mengangkat kotoran, jamur dan noda-noda pada mesin yang menguning. Selanjutnya bilas kembali dengan air bersih.

3. Bersihkan pecahan filter mesin cuci
Jika kau jarang membersihkan mesin cuci, maka proses mencuci akan terganggu dan tak sanggup bekerja secara optimal. Tersumbatnya filter mesin basuh alasannya yaitu serat-serat pakaian, maka akan menimbulkan air mengucur sedikit dan menimbulkan proses pembersihan lebih lama.

Agar mesin basuh tidak mengalami hal tersebut, segeralah membersihkan filter mesin basuh dengan rutin. Untuk membersihkan filter mesin cuci, caranya dengan menarik kantong filter mesin basuh hingga terlepas. Kemudian bersihkan dengan air mengalir dan sikat filter secara perlahan. Berikutnya bilas kembali hingga bersih. Jika sudah, biarkan kantong filter mengering sebelum dipasang kembali.

4. Bersihkan laci detergen pada pecahan mesin cuci
Kini saatnya membersihkan pecahan lain, Kamu juga perlu membersihkan laci detergen. Caranya dengan melepas dan merendam di dalam ember. Jika sangat kotor, gunakan pembersih serbaguna atau larutan cuka dan air. Lalu gosok perlahan memakai sikat gigi bekas untuk menghilangkan jejak-jejak deterjen, kotoran, dan segala sesuatu yang melekat di laci mesin cuci. Terakhir, bilas, keringkan dan pasang kembali laci detergennya.

5. Bersihkan pecahan luar mesin cuci
Bagian luar pun juga sangat penting untuk diperhatikan. Tentunya biar mesin basuh terlihat lebih tepat kebersihannya. Setelah pecahan dalam selesai dibersihkan, maka langkah selanjutnya yaitu mengelap pecahan luar mesin cuci.

Manfaatkan adonan air hangat dan cuka untuk mengelap pecahan luar mesin basuh ini dengan kain lap multifungsi. Setelah itu peras kain lap sebelum digunakan. Lalu mengelap secara perlahan pada seluruh pecahan luar mesin cuci, termasuk pintunya.

Pastikan pecahan panel mesin basuh tidak terkena air selama proses pembersihan mesin basuh berlangsung, yakni menghindari terjadinya korsleting atau kerusakan pada mesin cuci.


Nah bagaimana, gampang dan menyenangkan bukan. Membersihkan mesin basuh itu memang penting untuk menghindari kerusakan pada mesin cuci, jadi lakukanlah pembersihan selama 1-2 bulan sekali. Agar mesin basuh anda tetap terjaga kualitasnya. Sekian dan terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat.