5 Cara Menulis Artikel Berkualitas Di Blog, Yang Perlu Anda Ketahui

Membuat sebuah artikel yang berkualitas tentu bukan hal gampang yang bisa dilakukan oleh setiap blogger. Namun semuanya tergantung pada kemampuan dan beberapa andal blogger menguasai topik yang dipilihnya. Sedangkan artikel yang berkualitas selalu menjadi hidangan utama yang harus ada dalam sebuah blog.

Perlu di ingat! Pengunjung blog anda 80% lebih tiba alasannya yaitu mencari konten atau informasiyang bermanfaat dan berkualitas! 

Masalahnya, apakah anda sudah bisa dan terbiasa menulis konten blog yang bermutu ?. Tidak perlu khawatir, kali ini draplan akan berikan beberapa cara yang bisa anda praktekkan untuk menciptakan konten yang baik di blog anda.

Membuat sebuah artikel yang berkualitas tentu bukan hal gampang yang bisa dilakukan oleh set 5 Cara Menulis Artikel Berkualitas di Blog, Yang Perlu Anda Ketahui

5 Cara Menulis Artikel Berkualitas di Blog, Yang Perlu Anda Ketahui

● Menulis Posting Original 
Cara ini yaitu cara dimana anda menulis posting yang merupakan buah pikiran anda sendiri. Untuk bisa menulis posting secara original dan berkualitas anda harus benar-benar menguasai apa yang anda tulis dan berwawasan luas. Anda juga harus punya kemampuan menulis dan berbahasa yang memadai, serta bisa menuangkan inti dari goresan pena secara utuh.

Cara ini mungkin yaitu cara paling sulit. Dan kalau saya boleh tebak, mungkin beberapa dari anda yang membaca posting ini tidak terbiasa menulis goresan pena asli dan mencari cara lain untuk menulis artikel berkualitas.

Mengumpulkan Sumber
Cara kedua yaitu dengan mengumpulkan sumber dari banyak sekali goresan pena atau artikel sejenis. Anda harus bisa mencari sumber-sumber dari banyak sekali situs maupun media lain yang setopik dengan blog anda, kemudian mengemas dan menyusunnya dengan gaya menulis sendiri.Me

Hal yang menguntungkan dari cara menulis ini yaitu menambah wawasan anda wacana topik yang anda tekuni. Namun, anda juga harus memperhatikan apakah para pemilik sumber tulus kalau anda mengutip kalimat atau paragraf di tulisannya. Jika meragukan, tidak ada salahnya minta izin dulu. Dan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka cantumkan sumber-sumber tulisannya.

Jika tidak mau mencantumkan sumber, maka anda jangan mengutip kalimat atau paragrafnya. Anda harus menulisnya kembali dengan gaya bahasa sendiri namun tidak menghilangkan inti pembahasan.

● Menulis Ulang
Menulis ulang berbeda dengan copas, plagiat dan spinning. Cara ini sah-sah saja selama tidak merugikan pihak lain atau pemilik sumber. Menulis ulang berarti anda membaca secara menyeluruh sebuah artikel, menangkap inti-intinya, kemudian menulisnya kembali di blog dengan gaya sendiri.

Seperti poin kedua, cara ini juga sanggup memperluas wawasan anda. Pilihlah artikel yang bermutu untuk ditulis ulang. Sebaiknya, sertakan pula sumber artikel untuk menghindari somasi yang tidak dinginkan.

● Menerjemahkan
Ketahuilah! bahwa dunia ini masih terlalu luas untuk anda jamah. Ada banyak sekali goresan pena yang sangat berkualitas dalam banyak sekali bahasa untuk anda terjemahkan. Menerjemahkan merupakan salah satu cara terbaik untuk menciptakan konten yang bermanfaat. Bahkan, biasanya artikel-artikel yang ditulis dalam bahasa inggris lebih berkualitas dan lengkap ketimbang yang dalam bahasa indonesia.

Untuk bisa menerjemahkan, tentunya anda harus cukup mahir dalam berbahasa (terutama bahasa inggris). Jika belum mahir, anda bisa memanfaatkan Google translate. Tapi ingat, hasil terjemahan Google translate bukanlah bahasa yang dipakai untuk manusia. Kaprikornus anda perlu mengeditnya lagi. Dengan menerjemahkan, berarti anda sedang mengasah kemampuan bahasa anda dan menambah luas wawasan wacana topik blog anda.

Jangan lupa, apabila anda menciptakan sebuah artikel terjemahan, mencantumkan sumber yaitu hal yang wajib.

● Mencari Artikel Tamu
Cara terakhir yaitu dengan mencari artikel tamu (Guest post) atau mencari Blogger tamu yang mau menulis di blog anda. Hal pertama yang harus anda lakukan yaitu mengumumkan bahwa blog anda mendapatkan artikel tamu. Namun, itu saja tidak cukup. 

Jika blog anda belum mapan dari sisi ranking di mesing pencari, agak jarang blogger yang mau menulis di blog anda. Oleh alasannya yaitu itu, anda harus mencari sendiri contohnya lewat website-website daerah berkumpulnya Blogger tamu yang mencari situs peserta Artikel tamu.

Tapi, anda juga harus selektif dalam menentukan guest post yang akan anda terima. Anda harus mengecek apakah artikel itu pernah dipublikasikan atau belum, seberkualitas apa, dan banyak sekali pertimbangan lainnya.

Keuntungan dari mendapatkan guest post ini anda tidak harus cape-cape mengetik artikel. Manfaat lainnya yaitu anda akan menciptakan hubungan baik dengan para Blogger tamu.

Teruslah berusaha untuk menciptakan artikel berkualitas dan bermanfaat. Mudah-mudahan 5 cara diatas bisa membantu anda. Namun,  carilah dan cobalah cara-cara gres yang mungkin lebih membantu. Jika anda punya cara tersendiri untuk menulis posting yang bermutu, jangan segan untuk menyebarkan lewat kotak komentar.

Demikianlah ulasan diatas wacana 5 cara menulis artikel berkualitas di blog yang perlu anda ketahui. Semoga apa yang sudah draplan tuliskan bermanfaat buat anda semua, sekian dan terimakasih. Sampai jumpa di artikel lainnya...